Saturday 11 November 2017

Jual Beli Forex Menurut Islam


Geschrieben von jaenal nurohman auf Minggu, 10 Juni 2012 19.27 Investasi FOREX Handel merupakan investasi yang sangat menjanjikan dimana kita bisa memperoleh profit yang cukup lumayan dalam waktu yang relatif singkat. Apalagi dengan kehadiran Broker forex online yaitu Instaforex yang memberikan jasa forex signal di internet, semakin memudahkan setiap orang untuk mendulang Gewinn di bisnis ini bahkan tanpa harus melewati upaya belajar yang terlalu lama dan tanpa harus memahami analisa teknikalmaupun grundlegende yang memusingkan kepala. Penghasilan para trader-trader forex profesional sangat dan jauh meninggalkan para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelaku bisnis MLM dan perdagangan konvensional. Tapi kemudian banyak yang mempertanyakan kehalalan dari hasil yang diperoleh bisnis forex handel ini dikarenakan sifatnya yang abstrak dan tidak kasat mata. Sebagian umat Islam meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam Jangan engkau menjual sesuatu yang tidak ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih Islam), hadits tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik jual beli yang tidak ada barangnya pada waktu akad, haram. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, membuat fiqih Islam sulit untuk memenuhi tuntutan jaman yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang cara penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidak ada dilarang. Baik dalam Al Qur8217an, sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan menjual barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. 8220Causa Gesetz atau ilat larangan tersebut bukan ada atau tidak adanya barang, melainkan garar, 8221 ujar Dr. Syamsul Anwar. MA Dari IAIN SUKA Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar Adalah Ketidakpastian Tentang Apakah Barang Yang Diperjual-Belikan Itu Dapat Diserahkan Atau Tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang lain, padahal tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut sah. Sebaliknya, Kendati Barangnya Sudah Ada Tapi 8211 Karena Satu Dan Lain Hal 8212 Tidak Mungkin Diserahkan Kepada Pembeli, Maka Jual Beli Itu Tidak Sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, dalam kontrak berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditentukan. Beginen juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas rel aturan resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 satu hal yang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex adalah bagian dari PBK) dapat dimasukkan ke dalam kategori almasa8217il almu8217ashirah atau masalah-masalah hukum Islam kontemporer. Karena itu, Status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidak mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-Sahrastani, ia termasuk ke dalam paradigma al-nushush qad intahat wa al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran dan Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum yang diperkenalkan oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya Ibn Taimiyyah, Yang menyatakan Bahwa a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam idee Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islam tentang keadilan yang dalam Al Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, secara khusus masalah PBK dapat dimasukkan ke dalam bidang kajian fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik hukum kebendaan. Dengan kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islam dalam pengertian bagaimana hukum Islam diterapkan dalam masalah kepemilikan atas harta benda, melalui perdagangan berjangka komoditi dalam era globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU Nr. 321977 tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islam dalam kelembagaan dan praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum Islam dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut Al-salam atau al-salaf adalah bay8217 ajl bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang dimaksud dalam transaksi itu. Ulama Syafi8217iyah dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: 8220Akad atas komoditas jual beli yang diberi sifat terjamin yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga jual yang ditetapkan di dalam bursa akad8221. Keabsahan transaksi jual beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut. Es ist dir nicht erlaubt, Anhänge hochzuladen. Es ist dir nicht erlaubt, auf Beiträge zu antworten. Es ist dir nicht erlaubt, Anhänge hochzuladen. Es ist dir nicht erlaubt, deine Beiträge zu bearbeiten. BB-Code ist an. Smileys sind an. [IMG] Code ist an. HTML-Code ist aus. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka dan harga tukar (ra8217s al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, adalah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam bahasa dan kalimat yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, ulama Syafi8217iyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-salaf di dalam kalimat-kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa 8216aqd al-salam adalah bay8217 al-ma8217dum dengan sifat dan cara berbeda dari akad jual dan beli (kaufen). Persyaratan menyangkut objek transiendi, adalah: bahwa objek transaksi harus memenuhi kejelasan mengenai: jenisnya (ein yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), adalah, pertama, kejelasan jenis alat tukar, yaitu dirham, dinar, rupiah atau dolar dsb atau barang-barang yang dapat ditimbang, disukat, dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar apakah rupiah, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk kilogram, teich, dst Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat di atas ditetapkan dengan maksud menghilangkan jahalah fi al-8217aqd atau alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di antara pelaku transaksi, yang akan merusak nilai transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar Penjelasan singkat di atas nampaknya telah dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau legale maxim yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu UANG yang masing-masing negara mempunyai ketentuan sendiri dan berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu negara dengan negara lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai Volumen permintaan dan penawarannya. Adanya Permintaan Dan Penawaran Inilah Yang Menimbulkan Transaksi Mata Uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang penuh melaksanakan dan melakukan tindakan-tindakan hukum (dewasa dan berpikiran sehat) 2. Memenuhi syarat menjadi objek transaksi jual-beli yaitu: Suci barangnya (bukan najis) Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam Luft, karena sesungguhnya jual Beli Yang Demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas8217ud) Jual Beli Barang Yang Tidak Di Tempel Transaksi Diperbolehkan Dengan Syarat Harus Diterangkan Sifat-Sifatnya Atau Ciri-Cirinya. Kemudian jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya8221. Jual beli hasil tanam yang masih terpendam, seperti ketela, kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika harus mengeluarkan semua hasil tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etikett yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal 135. Mengenai teks kaidah hukum Islam tersebut di atas, Video Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55.Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah Tata Niaga Peternakan dengan judul 8220Pengertian Dan Dasar Hukum Jual Beli, Rukun Dan Syarat Jual Beli, Serta Jual Beli Yang Dilarang Dalam Islam .8221 Penulisan Makalah ini merupakan salah satu tugas yang telah diberikan oleh dosen pembimbing mata kuliah Tata Niaga Peternakan. Shalawat dan salam buat junjungan umat, Nabi Muhammad SAW Yang telah Membrandia kanadische Kneipen, Penulis telah berusaha semaksimal mungkin, namun dengan kerendahan hati penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh Sebab itu penulis mengharap kritik dan saran atas kekurangan dan kekeliruan yang tidak penulis sadari demi kesempurnaannya. Semoga Makalah Ini Dapat Berguna Dan Bermanfaat Bagi Pembaca. Pekanbaru, Mei 2013 1.1 Latar Belakang Jual Beli Adalah Proses pemindahan hak milikbarang atau harta kepada pihak lain dengan menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Menurut etimologi, jual beli adalah pertukaran sesuatu dengan sesuatu (yang lain). Kata lain dari jual beli adalah al-ba8217i, asy-syira8217, al-mubadah, dan bei-tijarah. Landasan atau dasar hukum mengenai jual beli ini disyariatkan berdasarkan Al-Qur8217an, Hadist Nabi, dan Ijma8217. Hukum jual beli pada dasarnya dibolehkan oleh ajaran islam Kebolehan ini didasarkan kepada firman Allah yang terjemahannya sebagai berikut. 82208230. Janganlah kamu memakan harta diantara kamu dengan jalan batal melainkan dengan jalan jual beli, suka sama suka8230.8221 (Q. S. An-Nisa8217. 29). Rukun dan syarat jual beli adalah ketentuan-ketentuan dalam jual beli yang harus dipenuhi agar jual belinya sah menurut syara8217 (hukum islam). Rukun Jual Beli: Dua Pihak Membran Akad Penjual Dan Pembeli Objek Akad (Barang dan Harga) Ijab qabul (perjanjianpersetujuan) Barang-Barang Yang Terlarang Diperjual Belikan Adalah. Barang yan g haram dimakan, khamar, buah-buahan yang belum dapat dimakan, luft, barang-barang yang samar dan barang-barang yang dapat dijadikan sarana ma8217shiyat. 1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian dan dasar hukum jual beli. 2. Mahasiswa dapat mengetahui barang yang terlarang diperjual belikan. 3. Mahasiswa dapat mengetahui rukun syarat jual beli. Yang Mana Allah SWT Berfirman Dalam Surat An-Nisa. 29 8220Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu makan harta sesamamu dengan jalan yang bad, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantara kamu8221 (QS. An-Nisa 29). 8220Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba8221 (QS Al-Baqarah 275). Nabi, Yang Mengatakan: 8221 Suatu Ketika Nabi SAW, ditanya tentang mata pencarian yang paling baik. Beliau menjawab, 8217Seseorang bekerja dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur.8221 (HR Bajjar, Hakim Yang menyahihkannya dari Rifa8217ah Ibn Rafi8217). Maksud mabrur dalam hadist adalah jual beli yang terhindar dari usaha tipu-menipu dan merugikan orang lain. Ulama telah sepakat bahwa jual beli diperbolehkan dengan alasan bahwa manusia tidak akan mampu mencukupi kebutuhan dirinya, tanpa bantuan orang lain. Namun demikian, bantuan atau barang milik orang lain yang dibutuhkannya itu, harus diganti dengan barang lainnya yang sesuai. Mengacu kepada ayat-ayat Al Qur8217an dan Hadist, Hukum Jual Beli Adalah Mubah (Boleh). Namun pada situasi tertentu, hukum jual beli itubisa berubah menjadi sunnah, wajib, haram, dan makruh. 1Tempmsohtmlclip101clipimage005.jpg Berikut ini adalah contoh bagaimana hukum jual beli bisa berubah menjadi sunnah, wajib, haram, atau makruh. Jual Beli hukumnya sunnah, misalnya dalam jual beli barang yang hukum menggunakan barang yang diperjual-belikan itu sunnah seperti minyak wangi. Jual beli hukumnya wajib, misalnya jika ada suatu ketika para pedagang menimbun beras, sehingga stok beras sedikit dan mengakibatkan harganya pun melambung tinggi. Maka pemerintah boleh memaksa para pedagang beras untuk menjual beru yang ditimbunnya dengan harga sebelum terjadi pelonjakan harga. Menurut Islam, para pedagang bera tersebut wajib menjual beru yang ditimbun sesuai dengan ketentuan pemerintah. Jual beli hukumnya haram, misalnya jual beli yang tidak memenuhi rukun dan syarat yang diperbolehkan dalam islam, juga mengandung unsur penipuan. Jual Beli Hukumnya Makruh, Apabila Barang Yang Dijual-Belikan Ituhukumnya Makruh Seperti Rokok. 2.3 Rukun dan Syarat Jual Beli Rukun dan syarat jual beli adalah ketentuan-ketentuanischen dalam jual beli yang harus dipenuhi agar jual belinya sah menurut syara8217 (hukum islam). Rukun Jual Beli: Dua Pihak Membran Akad Penjual Dan Pembeli Objek Akad (Barang dan Harga) Ijab qabul (perjanjianpersetujuan) a. Orang yang melaksanakan akad jual beli (penjual dan pembeli) Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh penjual dan pembeli adalah. 1. Berakal, jual belinya orang gila atau rusak akalnya dianggap tidak sah. 2. Baligh, jual belinya anak kecil yang belum baligh dihukumi tidak sah. Akan tetapi, jika anak itu sudah mumayyiz (mampu membedakan baik atau buruk), dibolehkan melakukan jual beli terhadap barang-barang yang harganya murah seperti. Permen, kue, kerupuk, dll 3. Berhak menggunakan hartanya Orang yang tidak berhak menggunakan harta milik orang yang sangat bodoh (idiot) tidak sah jual belinya. Firman Allah (Q. S. An-Nisa8217 (4): 5): b. Sigat atau Ucapan Ijab dan Kabul Ulama fiqh sepakat, bahwa unsur utama dalam jual beli adalah kerelaan antara penjual dan pembeli. Karena kerelaan itu berada dalam hati, maka harus diwujudkan melalui ucapan ijab (dari pihak penjual) dan kabul (dari pihak pembeli). Adapun syarat-syarat ijab kabul adalah 1. Orang Yang Mengucap ijab kabul telah akil baliqh. 2. Kabul harus sesuai dengan ijab 3. Ijab dan kabul dilakukan dalam suatu majlis. C. Barang Yang Diperjual Belikan Barang Yang Diperjual-Belikan Harus Memenuhi Syarat-Syarat Yang Diharuskan, Antara Lain. 1. Barang Yang Diperjual-Belikan Itu Halal. 2. Barang itu ada manfaatnya. 3. Barang itu ada ditempat, atau tidak ada tapi ada ditempat liegt. 4. Barang itu merupakan milik si penjual atau dibawah kekuasaanya. 5. Barang itu hendaklah diketahui oleh pihak penjual dan pembeli dengan jelas, baik zatnya, bentuknya dan kadarnya, maupun sifat-sifatnya. D. Nilai Tukar Barang Yang Dijual (Pada Zaman modernen Sampai Sekarang Ini Berupa Uang). Adapun syarat-syarat bagi nilai tukar barang yang dijual itu adalah 1. Harga jual disepakati penjual dan pembeli harus jelas jumlahnya. 2. Nilai tukar barang itu dapat diserahkan pada waktu transaksi jual beli, walaupun secara hukum, misalnya pembayaran menggunakan kartu kredit. 3. Apabila jual beli dilakukan secara barter atau Al-muqayadah (nilai tukar barang yang dijual bukan berupa uang tetapi berupa uang). 2.4 Hal-hal Yang Terlarang Dalam Jual Beli Jual Beli Dapat Doughnat Dari Beberapa Sudut Pandang, Antara Lain Ditinjau Dari Segi Sahne Saha Saha Saha Sahan Sahan Sahan Sahan Sahan 1. Jual Beli Yang Sah dan Tidak Terlarang Yaitu Jual Beli Yang Terpenuhi Rukun-Rukun Dan Syarat-Syaratnya. 2. Jual Beli Yang Terlarang Dan Tidak Sah (Bad) Yaitu Jual Beli Yang Salah Satu Rukun Atau Syaratnya Tidak Terpenuhi Atau Jual Beli Itu Pada Dasar Dan Sifatnya Tidak Disyariatkan (Disesuaikan Dengan Ajaran Islam). 3. Jual Beli Yang Sah Tapi Terlarang (Fasid). Jual beli ini hukumnya sah, tidak membatalkan akad jual beli, tetapi dilarang oleh Islam karena sebab-sebab lain. 4. Terlarang Sebab Ahliah (Ahli Akad). Ulama telah sepakat bahwa jual beli dikategorikan sah apabila dilakukan oleh orang yang baliqh, berakal, dapat memilih. Mereka yang dipandang tidak sah jual belinya sebagai berikut. Jual beli yang dilakukan oleh orang gila Jual Beli Yang Verdünnungsmittel Oleh Anak Kecil. Terlarang dikarenakan anak kecil belum cukup dewasa untuk mengetahui perihal tentang jual beli. Jual beli yang dilakukan oleh orang buta. Jual Beli ini terlarang karena ia tidak dapat membedakan barang yang jelek dan barang yang baik. Jual Beli Terpaksa 5. Jual Beli Fudhul Adalah Jual Beli Milik Orang Lain Tanpa Seizin Pemiliknya. 6. Jual Beli Yang Terhalang. Terhalang disini artinya karena bangkrut, kebodohan, atau pun sakit. 7. Jual Beli Malja8217 Adalah Jual Beli Orang Yang Sedang Dalam Bahaya, Yakni Untuk Menghindar Dari Perbuatan Zalim. 8. Terlarang Sebab Shigat. Jual Beli Yang Antara Ijab Dan Kabulnya Tidak Ada Kesesua Maka Dipandang Tidak Sah. Beberapa jual beli yang termasuk terlarang sebab shiqat sebagai berikut. Jual Beli Mu8217athah. Jual Beli Yang telah disepakati oleh pihak akad, berkenaan dengan barang maupun harganya, tetapi tidak memakai ijab kabul. Jual beli melalui surat atau melalui utusan dikarenakan kabul yang melebihi tempat, akad tersebut dipandang tidak sah, seperti surat tidak sampai ketangan orang yang dimaksudkan. Jual beli dengan syarat atau tulisan Apabila isyarat dan tulisan tidak dipahami dan tulisannya jelek (tidak dapat dibaca), maka akad tidak sah. Jual Beli Barang Yang Tidak Ada Ditempat Akad. Terlarang karena tidak memenuhi syarat in8217iqad (terjadinya akad). Jual Beli Tidak Bersesuaian Antara Ijab Dan Kabul. Jual Beli Munjiz Adalah Yang Dikaitkan Dengan Suatu Syarat Atau Ditangguhkan Pada Waktu Yang Akan Datang. 9. Terlarang Sebab Ma8217qud Alaih (Barang jualan) Ma8217qud alaih adalah harta yang dijadikan alat pertukaran oleh orang yang akad, yang biasa krankheit mabi 8217 (barang jualan) dan harga. Tetapi ada beberapa masalah yang disepakati oleh sebagian ulama, tetapi diperselisihkan, antara lain. Jual Beli Benda Yang Tidak Ada Atau Dikhwatirkan Tidak Ada. Jual Beli Yang Tidak Dapat Diserahkan. Contohnya jual beli burung yang ada di udara, dan ikan yang ada didalam Luft tidak berdasarkan ketetapan syara8217. Jual Beli Gharar Adalah Jual Beli Barang Yang Menganung Unsur Menipu (Gharar). Jual Beli Barang Yang Najis Dan Yang Terkena Najis. Contohnya Jual beli bangkai, babi, dll Jual Beli Air Jual Beli Barang Yang Tidak Jelas (Majhul). Terlarang dikarenakan akan mendatangkan pertentangan di antara manusia. Jual Beli Yang Tidak Ada Ditempat Akad (Gaib) Tidak Dapat Dilihat. Jual Beli Sesuatu Sebelum dipegang ich. Jual beli buah-buahan atau tumbuhan apabila belum terdapat buah, krankheit tidak ada akad. Setelah Ada Buah, Tetapi Belum Matang, Akadnya Fasid. 10. Terlarang Sebab Syara8217. Jenis Jual Beli Yang Dipermasalahkan Sebab Syara8217 Nya Diantaranya Adalah. 183 jual beli riba 183 Jual Beli dengan uang dari barang yag diharamkan. Contohnya jual beli khamar, anjing, bangkai. 183 Jual Beli Barang Dari Hase Pencegatan Barang Yakni Mencegat Pedagang Dalam Perjalanannya Menuju Tempel Yang Dituju Sehingga Orang Yang Mencegat Barang Itu Mendapatkan Keuntungan. 183 Jual Beli waktu adzan jum8217at. Terlarang dikarena bagi laki-laki yang melakukan transaksi jual beli dapat mengganggukan aktifitas kewajibannya sebagai muslim dalam mengerjakan shalat jum8217at. 183 Jual Beli Anggur Untuk Dijadikan Khamar. 183 Jual Beli Barang Yang Sedang Dibeli Oleh Orang Loring. Jual beli hewan ternak yang masih dikandung oleh induknya. 2.5 Barang Yang Dilarang Diperjual Belikan Dalam Islam Islam melarang bentuk jual beli yan mengandung tindak bahaya bagi yang lain semacam jika BBM naik, sebagian pedagang menimbun barang sehingga membuat warga sulit mencari minyak dan hanya bisa diperoleh dengan harga yang relatif mahal. Beginen pula segala bentuk penipuan dan pengelabuan dalam jual beli menjadikannya terlarang. Saat ini kita akan melihat bahasan sebagai tindak lanjut dari tulisan sebelumnya mengenai bentuk jual beli yang terlarang. Sebagai agama yang lengkap telah memberikan petunjuk lengkap tentang perdagangan, termasuk didalamnya barang-barang yang tidak boleh diperjualbelikan. Seesselai pengusaha muslimsudah sepantasnya kita mempelajari masalah ini agar terhindar dari perniagaan yang haram dan tidak di ridhoi allah. Islam Adalah Agama Yang Syamil, Yang Mencangkup Segala Permasalahan Manusia, Takecuali Dengan Jual Beli. Jual Beli telah disyariatkan dalam Islam dan hukumnya mubah atau boleh, berdasarkan Al Quran, sunnah, ijma8217 dan dalil aqli. Allah SWT Membolehkan Jual-Beli Agar Manusia Dapat Memenuhi Kebutuhannya Selama Hidup Di Dunia Ini. Namun dalam melakukan jual-beli, tentunya ada ketentuan-ketentuan ataupun syarat-syarat yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Seperti jual beli yang dilarang yang akan kita bahas ini, karena telah menyelahi aturan dan ketentuan dalam jual beli, dan tentunya merugikan salah satu pihak, maka jual beli tersebut dilarang. Diantara jual beli yang dilarang dalam islam tersebut antara lain: 1. jual beli yang diharamkan Tentunya ini sudah jelas sekali, menjual barang yang diharamkan dalam Islam. Jika Allah sudah mengharamkan sesuatu, maka Dia juga mengharamkan hasil penjualannya. Seperti menjual sesuatu yang terlarang dalam agama. Rasulullah telah melarang menjual bangkai, khamr, babi, patung dan lain sebagainya yang bertentangan dengan syariah Islam. Beginen juga jual beli yang melanggar syar8217I yaitu dengan cara menipu. Menipu barang yang sebenarnya cacat dan tidak layak untuk dijual, tetapi sang penjual menjualnya dengan memanipulasi seakan-akan barang tersebut sangat berharga dan berkualitas. Ini Adalah Haram dan Dilarang Dalam Agama, Bagaimanapun Bentuknya. 2. Barang Yang Tidak ia Miliki. Misalnya, Seorang pembeli datang kepadamu untuk mencari barang tertentu. Tapi barang yang dia cari tidak ada padamu. Kemudian ksmuente dan pembeli saling sepakat untuk melakukan akad dan menentukan harga dengan dibayar sekian, sementara itu barang belum menjadi hak milik ente (kamu) atau si penjual. Kemudian ent pergi membeli barang dimaksud dan menyerahkan kepada si pembeli. Jual Beli seperti ini hukumnya haram, karena si pedagang menjual sesuatu yang barangnya tidak ada padanya, dan menjual sesuatu yang belum menjadi miliknya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah melarang cara berjual beli seperti ini. Istilah kerennya Wiederverkäufer. Dalam suatu riwayat, ada seorang sahabat bernama Hakim bin Hazam Radhiyallahu anhu berkata kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa salalm. 8220Wahai, Rasulullah. Seseorang datang kepadaku Dia ingin membeli sesuatu dariku, sementara barang yang dicari tidak ada padaku. Kemudian aku pergi ke pasar dan membelikan barang itu8221. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda. 1614 161416161618 1614 161416181614 1616161816141614 8220 Jangan menjual sesuatu yang tidak ada padamu. HR Tirmidzi 8220 Yang termasuk jual-beli Hashat ini adalah jika seseorang membeli dengan menggunakan undian atau dengan adu ketangkasan, agar mendapatkan barang yang dibeli sesuai dengan undian yang didapat. Seutelai contoh: Seseorang berkata: 8220 Lemparkanlah bola ini, dan barang yang terkena lemparan bola ini kamu beli dengan harga sekian8221. Jual Beli Yang Sering Kita Temui Dipasar-Pasar Ini Tidak Sah. Karena mengandung ketidakjelasan dan penipuan. 4. Jual Beli Mulamasah. Mulamasah artinya adalah sentuhan Maksudnya jika seseorang berkata: 8220Pakaian yang sudah kamu sentuh, berarti sudah menjadi milikmu dengan harga sekian8221. Atau 8220Barang yang kamu buka, berarti telah menjadi milikmu dengan harga sekian8221. Jual Beli Yang Demikian Juga Dilarang Dan Tidak Sah, Karena Tidak Ada Kejelasan Tentang Sifat Yang Harus Diketahui Dari Calon Pembeli. Dan didalamnya terdapat unsur pemaksaan. 5. Jual Beli Najasy Bentuk praktek najasy adalah sebagai berikut, seseorang yang telah ditugaskan menawar barang mendatangi penjual lalu menawar barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari yang biasa. Hal itu dilakukannya dihadapan pembeli dengan tujuan memperdaya si pembeli. Sementara ia sendiri tidak berniat untuk membelinya, namun tujuannya semata-mata ingin memperdaya si pembeli dengan tawarannya tersebut. Ini termasuk bentuk penipuan Dan Rasullulah S. A.W. Telah melarang perbuatan najasy ini seperti yang terdapat di dalam hadist Janganlah kamu melakukan praktek najasy, janganlah seseorang menjual di atas penjualan saudaranya, janganlah ia meminang di atas pinangan saudaranya dan janganlah seorang wanita meminta (suaminya) agar menceraikan madunya supaja apa yang ada dalam bejana (madunya) beralih kepadanya, (HR Bukhari 2140 dan Muslim 1413). Tentunya mahih banyak sekali contoh-contoh atau modell jual beli yang dilarang dalam agama, seperti jual-beli yang menghalangi orang untuk melakukan sholat, khususnya diwaktu jumat setelah adzan kedua sholat jumat, juga menjual barang sebelum diterima, kemudian makelar atau calo yang menjual barang dengan Harga Yang Lebih Tinggi Dari Harga Sekarang. Itu semua merupakan jual-beli yang dilarang dalam Islam. Semana Kita Semua Senantiasa Terjaga Dalam Bermuamalah Dengan Sesama, Selalu Waspada Dan Berhati-Hatti Dalam Bertindak Khususnya Dalam Berdagang. Mari kita mensuri tauladani Nabi kita Muhammad SAW dalam berdagang, beliau selalu dipercayai dalam setiap ucapan, dan perbuatannya Barang yang tidak boleh diperjualbelikan: 1. Khamer (Minuman Keras) Dari Aisyah ra, ia berkata: Tatkala sejumlah ayat akhir surat al-Baqarah turun, Nabi sah Keluar (menemui para sahabat) lantas bersabda (kepada mereka), 8220Telah diharamkan jual beli arak.8221 (Muttafaqun8217alaih: Fathul Bari IV: 417 nr: 2226, muslimisch III: 1206 nr: 1580, 8216Aunul Ma8217bud IX: 380 nr: 3473 , Dan Nasa8217i VII: 308). 2. Bangkai, Babi dan Patung Dari Jabir bin Abdullah ra, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah sah bersabda ketika Beliau di Mekkah pada waktu penaklukan kota Mekkah, 8220Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkan menjual arak, bangkai, babi dan patung.8221 Rasulullah sah Ditanya, 8220Bagaimana pendapatmu tentang lemak bangkai, karena esu dipergunakan untuk mengecat perahu-perahu, meminyaki kulit-kulit dan dijadikan penerangan lampu oleh orang-orang8221 Beliau jawab, 8220Tidak boleh, karena haram.8221 Kemudian Rasulullah sah pada waktu itu bersabda, 8220Allah melaknat kaum Yahudi, karena ketika Allah mengharamkan lemak bangkai, justeru mereka mencairkannya, lalu menjualnya, kemudian mereka makan harganya.8221 (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 424 nr: 2236, Moslem III: 1207 nr: 1581, Tirmidzi II: 281 nr: 1315 , 8216Aunul Ma8217bud IX: 377 nr: 3469, Ibnu Majah II: 737 nr: 2167 dan Nasa8217i VII: 309). Dari Abu Mas8217ud al-Anshari ra, bahwa Rasulullah sah melarang harga anjing, hasil melacur, dan upah dukun. (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 426 nr: 2237, muslim III: 1198 nr: 1567, 8216Aunul Ma8217bud IX: 374 nr: 3464, Tirmidzi II: 372 nr: 1293, Ibnu Majah II: 730 nr: 2159 dan Nasa8217i VII: 309). 4. Gambar Yang Bernyawa Dari Sa8217id bin Abil Hasan, ia berkata. Ketika saya berada di sisi Ibnu Abbas ra tiba-tiba datanglah kepadanya seorang laki-laki lalu bertanya kepadanya 8220Ya Ibnu Abbas, dan sejatinya aku berprofesi sebagai pelukis gambar-gambar ini.8221 Maka Ibnu Abbas berkata kepadanya, 8216Saya tidak akan menyampaikan kepadamu melainkan apa yang Saya dengan dari Rasulullah sah. Aku mendengar Beliau bersabda, 8220Barang siapa yang melukis satu gambar, maka sesungguhnya Allah akan mengadzabnya hingga ia meniupkan ruh padanya, padahal ia tidak mungkin selam-lamanya meniupkan ruh padanya. 8221 Maka laki-laki itu berubah dengan perubahan Yang besar dan wajahnya menguning. Kemudian Ibnu Abbas berkata kepadanya, 8220Celaka engkau Jika engkau Mangangangang Akanga Tangap Meneruskan Profesimu Ini, Maka Hendaklah Engkau (Menggambar) Pepohonan Ini Dan Segala Sesuatu Yang Tidak Bernyawa.8221 (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 416 nr: 2225 dan lafadz ini bagi Imam Bukhari, Muslim III: 1670 nr: 2110 dan Nasa8217i VIII: 215 secara ringkas). 5. Buah-Buahan Yang Belum Nyata Jadinya Dari Anas bin Malik ra, dari Nabi sah, bahwa beliau melarang menjual buah-buahan hingga nyata jadinya dan kurma hingga sempurna. Beliau ditanya, 8220Apa (tanda) sempurnanya8221 Jawab Beliau 8220Berwarna merah atau kuning.8221 (Shahih: Shahihul Jami8217us Shaghir Nr .: 6928 dan Fathul Bari IV: 397 Nr .: 2167). Darinya (Anas bin Malik) ra, bahwa Rasulullah sah melarang menjual buah-buahan sebelum sempurna. Kemudian Beliau ditanya, 8220Apa (tanda) sempurnanya8221 Beliau menjawab, 8220Hingga berwarna merah.8221 Kemudian Rasulullah sah bersabda, 8220Bagaimana pendapatmu apabila Allah menghalangi buah itu untuk menjadi sempurna, maka dengan alasan apakah seorang di antara kamu akan mengambil harta saudaranya.8221 (Muttafaqun 8216alaih : Fathul Bari: IV: 398 nr: 2198 dan lafadz ini milik Imam Bukhari, Moslem III: 1190 nr: 155 dan Nasa8217i VII: 264). 6. Biji-Bijian Yang Belum Mengeras 8220Dari Ibnu Umar ra, Bahwa Rasulullah sah melarang menjual buah kurma hingga nyata jadinya, dan (melarang) menjual gandum hingga berisi serta selamat dari hama Beliau melarang penjualnya dan pembelinya.8221 (Shahih: Mukhtashar Muslim nein: 917, Muslim III: 1165 nr: 1535, 8216Aunul Ma8217bud IX: 222 Nr .: 3352, Tirmidzi II: 348 nr: 1245 dan Nasa8217i VII: 270). Hukum jual beli pada dasarnya diperbolehkan oleh ajaran islam Kebolehan ini didasarkan kepada kepada firman Allah yang terjemahannya sebagai berikut: 82168217 janganlah kamu memakan harta diantara kamu dengan jalan batal melainkan dengan jalan jual beli, suka sama suka. 8221 (Q. S An-Nisa8217. 29) Dan Hadist Nabi SAW, Yang Artinya Sebagai Berikut. 8220 Bahwa nabi SAW ditanya tentang, mata pencaharian apakah yang paling baik. Jawabnya Sahorang Yang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih8221 (H. R. Al-Bazzar) Dalam pada itu ulama sepakat mengenai kebolehan berjual beli ini sebagai salah satu usaha yang telah dipraktekkan semenjak masa Nabi SAW hingga saat sekarang ini. Rukun dan Syarat Untuk syah nya jual beli yang dilakukan diperlukan beberapa rukun dan syarat yang harus dipenuhi, yaitu. Penjual dan pembeli dengan syarat ein. Berakal, Bagi Yang Gila, Bodoh Dan Lainnya Tidak Syah Melakukan Jual Beli. B. Kehendak sendiri, bukan karena dipaksa. C. Keadaannya tidak mubazir (pemboros), orang pemberos hartanya dibawah wali. Barang-Barang Yang Terlarang diperjualbelikan Keharaman memperjualbelikan barang-barang tersebut didasarkan kepada hadist nabi SAW, yang artinya sebagai berikut: 8220dan sesungguhnya allah, apabila mengharamkan makan sesuatu kapada suatu kaum, maka mengharamkan pula harganya. Assalammualaikum pak saya mau tanya 1. bolehkan secara hukum islam atau negara seorang anak membeli tanah orang tuanya yang sekarang berumur 86th. 2. dasar hukum dlm islam jualbeli tanah antara anak yang waras dengan orang tuanya yng berumur 86th yang dilakukan dengan mengiming2kan suatu saat quotbila tanah itu laku orangtuanya diberikan bonus 5juta perbulan. 3. sementara anak itu tidakpunya uang untuk membeli tanah orangtuanya dan sementara orangtuanya punya 7 orang anak. 4. syahkah menurut hukum islam dan juga negara bila seorang anak mebeli tanah orangtuanya di notaris hanya ada anak itu dan orangtuannya. Terimakasih bapak wasallam Rebat FBS TERBESAR 8211 Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70 dari setiap transaksi yang und a lakukan baik Verlust maupun Gewinn, bergabung sekarang juga dengan Kami Handel forex fbsasian ----------------- Kelebihan Broker Forex FBS 1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100 SETIAP DEPOSIT ANDA 2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN 3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD 4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100 5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesien dan banyak lagi yang lainya Buka akun anda di fbsasian ----------------- Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui: Tlp. 085364558922 BBM Fbs2009 Ingin beruntung seperti temen-temen Kamu Langsung saja kamu Mendaftar di AsliBandar dan Rasakan Permainan Yang Akan Membran Hidupmu Berwarna. Dengan Einzahlung Yang Terjangkau Kamu Berkesempatan Menangkan Jackpot Setiap Harinya. Ingin beruntung seperti temen-temen Kamu Langsung saja kamu Mendaftar di AsliBandar dan Rasakan Permainan Yang Akan Membran Hidupmu Berwarna. Dengan Einzahlung Yang Terjangkau Kamu Berkesempatan Menangkan Jackpot Setiap Harinya. Untuk Info lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui. Pin BB. 2B3C34F4 YM. AslibandarCS Skype. AsliBandar Telp. 855882388666 FB. AsliBandar Hai Jungs Kami Dari RAIASAKTI Web-Spiel Terbaru Dengan Design Klassiker Dan Tampilan Tisch Yang Soft Serta benutzerfreundlich. Mitgliedskarte FREIZEIT GRATIS tanpa Ablagerung hanya dengan Pfosten poto berikut kalimat ini dan tag teman kamu di facebook sebanyak 30 orang. FREECHIP hanya untuk 100 orang pertama sebesar 5000 RAJASAKTI Agen Spiel online terpercaya tanpa tipu2. RAJASAKTI adalah Spiel poker online dengan uang asli di Asien, aman dan mudah seperti poker Facebook chips dapat diuangkan kapan saja. Sistem Spieler versus Spieler 100, dan bisa menjadi bandar dalam permainan dengan sistem Spiel tercepat dan terbaik. GAME RAJASAKTI (POKER, CEME, CAPSA SUSUN, CAPSA BANTING, REMI, QIUQIU) kontaktieren Sie uns unter: WA: 855889908908 SMS: 855889908908 Zeile: CSRAJA Wechat: CSRAJA BBM: CSRAJA Facebook. RAJA SAKTI Twitter CSRAJASAKTI info lebih lanjut kontakt ke kami. Ditunggu ya bos-bos sekalian. Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Forex (Devisen) ni adalah sistem jual beli mata wang asing yang mana kita sendiri tahu akan berubah dari semasa ke semasa mengikut kedudukan ekonomi Sesebuah negara Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Sebenarnya aku memang dah agak pasti akan ada yang bertanya mengenai hukum dalam FOREX ni dan aku dah kaji benda ni dahulu sebelum aku menceburi dan mempelajari ilmu tentang analisis dalam dunia forex ni. Ini adalah susulan daripada entri aku yang bertajuk testen forex kali pertama menggunakan akaun demo tempoh hari. Antara kajian yang aku lakukan adalah meng google hukum mengenai forex dalam islam dan aku dapati kebanyakkannya berkongsi mengenai isi yang sama iaitu fatwa yang dikeluarkan oleh Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan yang dikeluarkan sekitar pertengahan tahun lalu. Hukum Forex. Haram atau Halal KOTA BHARU: Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan memutuskan umat Islam haram mengamalkan sistem perniagaan pertukaran wang asing. Pengerusi Jawatankuasa itu, Tan Sri Dr. Abdul Shukor Husin, berkata ini kerana perniagaan yang dilakukan melalui pertukaran wang asing (forex) seperti itu tidak menepati hukum syarak dan menimbulkan keraguan di kalangan umat Islam. 8220Hasil kajian Jawatankuasa ini, kita dapati perniagaan Yang membabitkan pertukaran wang Asing membabitkan spekulasi mata Wang Dan ini bercanggah dan berlawanan dengan hukum Islam.8221 8220Oleh itu, Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan memutuskan bahawa UMAT Islam diharamkan daripada mengamalkan sistem perniagaan cara demikian, 8221 Katanya kepada pemberita selepas Mempengerusikan mesyuarat Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan Ke-98 di sini hari ini. Abdul Shukor berkata, banyak isu yang meragukan mengenai perniagaan pertukaran wang asing, oleh itu umat Islam tidak perlu menceburkan diri, tambahan pula kegiatan itu membabitkan penggunaan Internet di kalangan individu yang menyebabkan untung rugi tidak menentu. 8220 Lain-lain jenis perniagaan pertukaran wang asing, seperti melalui pengurup wang atau dari bank ke bank dibenarkan. Kerana ia tidak menimbulkan spekulasi mata wang atau untung rugi yang tidak menentu, 8221 katanya. Beliau berkata, keputusan lain yang turut dicapai dalam mesyuarat itu ialah mengharuskan umat Islam Membran Pelaburan atau Membran Simpanan melalui Skim Sijil Simpanan Premium Yang Dikendalikan Bank Simpanan Nasional (BSN). Katanya, keputusan itu dibuat selepas jawatankuasa berkenaan berpuas hati dengan kaedah pelaksanaannya melalui taklimat yang disampaikan oleh pihak penal syariah Bank Negara pada muzakarah itu. 8220Pada mulanya, kita meragui tentang kaedah pelaksaaan skim itu tetapi kita berpuas hati selepas sistem perniagaan skim itu ditukar konsep Islam iaitu Mudharabah, 8221 katanya. 8211 BERNAMA Penjelasan Ustaz Hj Zaharuddin Tentang FOREX Kepada Yang masih Kurang jelas, aku harap sangat korang dapat tengok sendiri dahulu dan dengar penjelasan daripada beliau mengikut hukum FOREX dalam islam. Beliau adalah orang yang mahir dengan sistem forex yang dijalankan oleh bank-bank di seluruh Malaysia dan melabelkan sistem forex ini ada dua cara. Jom saksikan Lagi ulasan daripada pakar ekonomi islam: Umenan: Artikel mengenai fatwa yang dikeluarkan oleh Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan itu langsung tidak menceritakan tentang sistem forex yang sebenarnya seperti mana yang diterangkan oleh Ustaz Zahiruddin. Dalam artikel di atas, Punkt yang pertama yang menyebabkan untung rugi tidak menentu itu LANGSUNG tidak boleh dipakai kerana dalam perniagaan itu sendiri mana ada yang untung setiap masa dan semestinya untung rugi itu pasti ada. Point yang kedua pula Lain-lain jenis perniagaan pertukaran wang asing, seperti melalui pengurup wang atau dari bank ke bank dibenarkan. Sedar atau tidak, perniagaan pertukaran wang asing itu sebenarnya adalah sama adalah dengan Forex (Devisen) yang dilakukan oleh Händler. Cuma perbezaannya ialah cara mata wang itu ditukarkan Ia seolah-olah membenarkan apa yang baru sahaja diperkatakan salah. Aku sendiri sebenarnya tak berapa suka dengan informasi yang dikongsikan dalam media massa kat Malaysia ni sebab kebanyakkannya ditokok tambah untuk kepentingan sendiri sekalipun dalam soal hukum. Point Yang Ketiga, Yang Tak Boleh Blah, und ein Digalakkan untuk melabur dalam Sijil Simpanan Premium (SSP) Yang Seolah-Olah Mempromosi Orang ramai untuk menggunakan sistem itu daripada pihak Bank BSN. Yang ini tiada kena mengena dengan hukum FOREX. Sila abaikan Aku lebih gemar untuk mendapatkan penjelasan kalau berkenaan dengan hukum islam daripada ustaz atau ahli ulama yang mempunyai dua perkara. Yang pertama beliau haruslah sangat arif dalam hukum hakam agama islam Kedua beliau mempunyai pengalaman dan sememangnya serba tahu tentang sesuatu perkara itu sebelum membuat andaian mengikut hukum syarak. Bukarlahs, der, der,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Secara keseluruhannya, FOREX itu ada halal dan haramnya mengikut keadaan tersebut dan untuk pengetahuan und a semua, kebiasaannya trader FOREX ini hanya mengamalkan handel mata wang secara sendiri dengan membuat analisa yang mantap sebelum melakukan handel dan ini dinamakan spot handel dan bukannya foward handel. Apa itu Spot Handel Dan foward Handel ni Jadi apa hukum FOREX yang sebenarnya Segalanya ada diceritakan dalam video selama 7 minit lebih di atas. Ayat paling aku suka, Jangan Bagi Fatwa Yang General, Yang Umum. Contoh macam hukum makan ayam Halal ke tak Mestilah halal. Tapi kalau tak sembelih dengan cara islam Halal ke haram Sama sahaja dengan hukum FOREX ini. ) Buka akaun Handel percuma dan dapatkan Bonus.

No comments:

Post a Comment